Friday, April 20, 2018

PENGERTIAN LAHIR BARU DALAM KRISTEN YANG SEJATI


Tema kali ini yang saya akan bahas adalah tentang "Lahir baru dalam Kristus". Apa yang dimaksud dengan semua ini ?

Baca Alkitab percakapan Nikodemus dengan Kristus, didalam firman TUHAN : Percakapan dengan Nikodemus ( Yoh 3 : 1-21 ). Berikut kutipannya :

-> Yesus menjawab, kata-NYA : "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." ( Yoh 3 : 3 ).

-> Kata Nikodemus kepada-NYA : "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua ?. Dapatkah ia masuk kembali kedalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi ?". ( Yoh 3 : 4 ).

-> Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah". Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali." ( Yoh 3 : 5-7 ).

Kutipan diatas bertanya-tanya, Apa sih yang dimaksud lahir baru dalam ayat tersebut ?

Lahir baru dalam Kristus artinya, kita bukan hanya dari ucapan saja, seperti halnya : kita pergi ke gereja berdoa, kita rajin beribadah, komsel dll. Yang TUHAN butuhkan adalah perbuatan, pertobatan dan perubahan hidup kita sejati yang serupa dengan perbuatan Kristus, Agar diri kita menjadi serupa dengan-NYA, dan yang penting menjauhi dosa. Karena alkitab dengan jelas berkata bahwa :

"Upah dosa ialah maut". ( Rm 6 : 23a ).

Kalau ada seseorang berkata dirinya baik dan ber-TUHAN, melainkan perbuatannya tidak mencerminkan perilaku Kristus, itu adalah pembohong dan itu jelas adalah iblis. Karena Firman TUHAN berkata :

"Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. ( Yak 2 : 17 ).

Mengapa lahir dari roh dan kedagingan berbeda ? Ya jelas jawabannya berbeda.
Karena lahir dari roh adalah mengikuti perbuatan Kristus yang benar-benar Kristus ajarkan dalam firman-NYA. sedangkan lahir dari kedagingan adalah mengikuti hawa nafsu duniawi, yang kehidupannya hanyalah sementara saja dibawah bumi.

Amin. TUHAN memberkati kita semua. Haleluya. Imanuel, Allah beserta kita [Ref : ( Mat 1 : 23 )].


No comments:

Post a Comment