Sunday, June 3, 2018

BERKAT TUHANLAH YANG MENJADIKAN KAYA, SUSAH PAYAH TIDAK AKAN MENAMBAHINYA !


Pada, hari Minggu, tanggal 3-6-18, Saya ingin menuliskan, tentang pembahasan ayat Amsal 10 : 22, didalam kehidupan saya.

Firman TUHAN berkata :

"Berkat TUHAN-lah yang menjadikan kaya, susah payah, tidak akan menambahinya." ( Ams 10 : 22 ).

Bagimana, saya dapat mengambil ayat ini dalam pembahasan kali ini ?

Ya, saya karena berfikir ayat ini sedang berbicara untuk saya. Saya yang awalanya ditipu oleh orang dalam berbisnis, dengan total miliaran rupiah, nominal yang menurut saya sangat banyak. Tetapi ayat ini menjadi pelajaran hidup buat saya.

Ya, memang benar ayat ini berbicara tentang hidup saya. Bahwa, TUHAN lah yang mengatur kehidupan kita dan yang merencanakan-NYA, karena TUHAN sendiri yang berfirman :

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-KU mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." ( Yer 29 : 11 ).

Ya, setelah saya mengalami penipuan itu. Awalnya, saya kembali bekerja lagi dengan usaha saya, dengan kondisi ya saya paksa-paksakan, dan jalani sambil berdoa kepada-NYA. Alhasil, omset saya begitu drastis naik, dan saya percaya semua ini berkat TUHAN lah yang bekerja untuk saya. Memang dalam pikiran saya waktu itu, hanyalah depresi, pesimis dan seperti tidak ada harapan sama  sekali. Tetapi TUHAN sendiri yang buka jalan baru untuk saya, dalam kehidupan saya ini.

Saya percaya bahwa firman TUHAN hanyalah YA dan AMIN. [Ref : ( 2Kor 1 : 19-20 )]. Saya percaya bahwa jalan TUHAN-lah yang lebih baik dari segalanya. Sebab ada tertulis dalam firman-NYA :

"Sebab rancangan-KU bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-KU demikianlah firman TUHAN, seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-KU dari jalanmu dan rancangan-KU dari rancanganmu." ( Yes 55 : 8-9 ).

Ya, menurut saya ayat ini sudah jelas membuktikan bahwa kehidupan kita semua ini pun manusia dapat kuatir dan memikirkan hal-hal negatif yang terjadi dalam kehidupan. Tetapi, percayalah bahwa TUHAN mempunyai rancangan yang lebih baik dari apa yang kita pikirkan dan doakan. Sebab ada tertulis didalam firman-NYA :

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita." ( Efs 3 : 20 ).

Ya, dalam kasus kehidupan saya ini. Saya percaya bahwa firman TUHAN sungguh menjawab apa yang saya pertanyakan dan kuatirkan dalam kehidupan saya ini.

Dan lagi, TUHAN berjanji pasti akan memberikan jalan yang terbaik kita semua yang percaya dan berbuat sesuai dengan perintah-NYA, dan menjauhi segala dosa. Sebab ada tertulis dalam firman TUHAN :

"Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-KU yang keluar dari mulut-KU: ia tidak akan kembali kepada-KU dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang KU-kehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang KU-suruhkan kepadanya. ( Yes 55 : 10-11 ).

Sudah cukup jelas ayat ini, menggambarkan bahwa tidak ada yang sia-sia dalam pekerjaan bersama TUHAN sebab ada tertulis dalam firman-NYA :

 "Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan TUHAN! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan TUHAN jerih payahmu tidak sia-sia." ( 1Kor 15 : 58 ).

Dan, lagi janji TUHAN pasti Ya dan AMIN [Ref : ( 2Kor 1 : 19-20 )], untuk kita semua yang hidup didalam-NYA. Apalagi, didalam firman TUHAN tersebut mengatakan bahwa TUHAN berjanji akan memberikan kesuburan bagi orang yang menabur. Ya, kutipan ayat ini memang menggambarkan dengan apa yang saya pikirkan selalu, didalam firman TUHAN, yang tercatat didalam kitab Pengkhotbah, yang berbunyi :

"Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik." ( Pkh 11 : 6 ).

Dan lagi, seperti firman-NYA yang selalu ada tali merah yang selalu berkaitan ayat demi ayat. Kalau disambungkan kembali. Pastilah pekerjaan didalam perintah TUHAN, apabila kita mematuhi dan melaksanakannya, semuanya tidak akan sia-sia. [Ref : ( 1Kor 15 : 58 )].

Pesan untuk kita semua :

Percayalah pada TUHAN, dan berlakulah baik sebelum semuanya terlambat. Dan jadilah manusia yang bijak dan baik. Percayalah pada-NYA, bahwa jalan TUHAN adalah jalan yang terbaik. Dan jangan pernah bersandar kepada pengertian kita sendiri. tetapi percayalah pada-NYA yang memberi kehidupan ini. Sebab ada tertulis dalam firman-NYA  :

 "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri" ( Ams 3 : 5 ).

Percayalah, bahwa apa yang kamu alami sekarang : kehancuran, keterpurukan, kekacauan. Yakinlah, bahwa TUHAN pasti akan pulihkan itu semua-NYA.

TUHAN YESUS, memberkati kita semua. Haleluya, puji TUHAN, Imanuel, Allah beserta kita. [Ref : ( Mat 1 : 23 )]. Amin.

No comments:

Post a Comment