Tuesday, June 12, 2018

JANGAN PADAMKAN ROH DAN JANGAN SAMPAI KERAJINANMU KENDOR !


Selamat pagi saudara-saudara yang kekasih. Pada hari ini, tanggal 13/06/2018. Saya ingin menuliskan renungan tentang :

"Janganlah padamkan Roh". ( 1Tes 5 : 19 ). 

"Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah TUHAN." ( Rm 12 : 11 ).

Ya, kedua ayat ini saya ambil, karena saya lagi sedang mengalami malas hubungan bersama TUHAN, yaitu berdoa, membaca firman, dll.

Menurut saya, kedua ayat ini adalah teguran yang keras. Bagaimana tidak ?

Ya, ayat tersebut mengatakan bahwa firman TUHAN sangat melarang kita, untuk memadamkan roh, yang artinya, kita semua harus memberikan makan roh kita setiap hari, tanpa adanya suatu hambatan apapun yang dapat menghalangi hal itu terjadi.

Memberi makan roh artinya, dengan cara berdoa, membaca firman TUHAN, menyanyi lagu rohani, dll.

Apa gunanya smuanya ini ?

Ya, ini sangat berguna bagi tubuh kita ini. Karena, apabila kita diluar TUHAN, kita ini tidak bisa melakukan apa-apa. Sebab ada tertulis dalam injil Yohanes yang berkata :

"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal didalam Aku dan Aku didalam dia, ia berbuah banyak, sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa." ( Yoh 15 : 5 ).

Ayat, diatas ini sudah bisa menjelaskan bahwa TUHAN YESUS sendirilah yang mengatakan, bahwa apabila kita tinggal didalam-NYA, yang dengan arti kata, menaati firman-firman-NYA, semua itu tidak akan pernah sia-sia karena, TUHAN sendirilah yang akan memberikan suatu hasil buah-buah kebenaran yang positif dalam kehidupan kita didunia ini, maupun di kehidupan bersama dengan-NYA.

Saya, pernah mengalami sendiri ketika saya malas sekali untuk berdoa pun malas, saya sampai meminta pertolongan TUHAN, kenapa saya seperti ini ?.

Ayat ini sungguh menjadi jawaban yang luar biasa, dan teguran yang luar biasa. Biarlah kita, memberi makan roh kita, dengan santapan-santapan rohani. Jangan menjadi suatu alasan, ada kendala-kendala, sehingga kita tidak bisa memberi santapan-santapan rohani, untuk Roh kita.

Karena tertulis, bahwa :

"Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh kedalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah." ( Mrk 14 : 38 ).

Firman TUHAN ini pun dalam injil Markus, sudah menjelaskan dengan jelas, bahwa segala kekuatan kita ini hanyalah berdoa kepada-NYA, agar kita tidak jatuh ke dalam suatu pencobaan.

Pesan untuk kita semua :

"Tetaplah berdoa" ( 1Tes 5 : 17 )

Sebab, inilah yang dapat memberikan kekuatan kepada Roh kita masing-masing. Dan hanya pada-NYA sumber kekuatan kita satu satunya, YESUS KRISTUS TUHAN kita. Di dalam TUHAN semuanya tidak akan sia-sia, sebab ada tertulis :

"Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan TUHAN jerih payahmu tidak akan sia-sia." ( 1Kor 15 : 58b ).

Haleluya puji TUHAN, amin, Imanuel, Allah beserta kita. [Ref : ( Mat 1 : 23 )].

No comments:

Post a Comment